Senin, 20 November 2017

Contoh Soal Indikator UN SMP



Contoh soal Indikator 8
Teks 1 (Biografi)

Bung Hatta yang bernama lengkap Dr. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat tanggal 12 Agustus 1902. Beliau bukan saja seorang proklamator, tetapi juga arsitek negara. Beliau disegani karena kemampuannya menggalang masyarakat internasional. Beliau lebih memilih berjuang dengan menyusun strategi, bekerja sama, serta menulis berbagai artikel dan buku untuk memperjuangkan nasib bangsa.

Teks 2 (Eksposisi)

Setiap kehidupan tokoh besar selalu menarik untuk disimak karena di dalamnya terkandung banyak hikmah yang dapat dijadikan teladan. Perjuangan dan pengalaman tokoh tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi orang lain untuk peningkatan kualitas diri. Contoh tokoh besar yang menarik diketahui adalah Mohammad Hatta.

9. Perbedaan penggunaan bahasa dalam kedua teks tersebut adalah ....


Contoh soal Indikator 9
Cermati teks berikut!

        Dalam sampul buku Seribu Senyum dan Setetes Air Mata  ini disebutkan bahwa buku ini merupakan kumpulan esai. Bagi saya tidak. Apa yang ditulis oleh Myra Sidharta lebih merupakan kumpulan catatan ataupun kolom Myra atas apa yang ditemuinya sehari-hari. Melalui catatan-catatan ini, kita diajak untuk merenungkan berbagai hal, mulai dari kebudayaan, kemanusiaan, hingga politik.

10. Kalimat yang tepat untuk menyatakan keunggulan buku tersebut adalah …
A.  Myra beberapa kali menyampaikan sejumlah persoalan mengenai “nasib” Tionghoa peranakan di Indonesia.
B.  Seperti kita ketahui, ia adalah seorang psikolog sekaligus sinolog  yang mumpuni.
C.   Hal yang menarik dari kumpulan tulisan Myra adalah gaya penulisan yang sangat cair dengan tambahan gaya humor sesekali sehingga tulisan enak dibaca.
D.  Saya melihat Myra memiliki cakrawala pengetahuan yang luas.


Contoh soal indikator 10 :
Cermati teks berikut !

Teks 1 ( cerpen )
Teks 2 ( fabel )
Suatu sore, ketika aku sedang sibuk mengetik tugas,  kamarku diketuk orang. Seingat aku, sore itu aku tidak berjanji dengan siapa – siapa.
“ Wah. Saudara sibuk betul rupanya.”
Tentu saja sedang sibuk. Kalau tidak sibuk tentu tidak bakalan berserakan kertas – kertas di mejaku. Kalau sudah tau sedang sibuk kenapa kau masih datang bertamu ? Tetapi, cobalah bayangkan bagaimana pula kau harus mengusir orang yang sudah berdiri dihadapanmu? Dengan rasa ketimuran, yang terlontar dari mulutku adalah “ Ya, Begitulah.”

Monyet dan Katak hendak memanen pisang dari pohon yang mereka tanam bersama.
“ Nyet cepat, aku sudah tidak sabar lagi !” kata Katak,
“ Baiklah!” kata Monyet lalu memanjat pohon pisang.
“ Nyet, lemparkan pisang untukku!”
“ Karena kamu tidak bisa memanjat, kamu makan kulitnya saja!” kata Monyet sambil melempar kulit pisang. Katak terus  memaksa monyet untuk memberikan buah pisang,tetapi Monyet tidak  peduli. Katak menjadi marah.
 “ Nyet, cepat habiskan buah pisangnya, pohon ini sebentar lagi akan ku tebang.” Monyet tidak peduli. Akhirnya ,pohon itu roboh dan Monyet terjatuh


11. Perbedaan nilai moral yang terkandung dalam kedua teks tersebut adalah….
a.   Nilai moral teks 1 : saling menghormati dan menghargai. Nilai moral teks 2 menepati janji
b.   Nilai moral teks 1 : berpura – pura baik. Nilai moral teks 2 : hidup tolong – menolong
c.   Nilai moral teks 1 : bertamu pada waktu yang tepat. Nilai moral teks 2 : bersikap adil
Nilai moral teks 1 :menjaga perasaan orang lain. Nilai moral teks 2 : tidak boleh serakah







Contoh soal Indikator 11
Cermati teks berikut!

Setelah mendengar penjelasanku, air muka mas Indra tampak lebih rileks. Demikian pula pandangan matanya yang semula keras dan tajam mulai melunak.
“Aku mengerti perasaanmu, tapi bersabarlah. Pengorbanan selalu diperlukan untuk kemajuan yang akan dicapai,” katanya. Aku menganggukan kepala.

12. Makna frasa air muka pada kutipan cerpen tersebut adalah ... .
A.  Keringat                           C. kulit wajah
B.  Amarah                            D. mimik wajah


Contoh soal Indikator 12
Cermati teks berikut!

        Tarisa sering difitnah dan dianggap sebagai sumber malapetaka bagi keluarga Rafli. Mula-mula, ia dituduh sebagai pembawa sial dalam kehidupan keluarga Ibu Aminah, lalu dituduh pembawa sial atas terbakarnya toko buku keluarga Aminah. Pendek kata, kehadiran Tarisa dipandang sebagai sumber malapetaka dan kehancuran keluarga Ibu Aminah. Bahkan, perkawinan Rafli dan Tarisa pun terancam bubar. Akan tetapi, sumber segala persoalan sebenarnya bermula dari kehadiran sosok Farida.

13. Makna tersurat dari kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.  Tarisa dianggap sebagai penyebab terbakarnya toko buku keluarga Aminah.
B.  Tarisa difitnah dan dianggap sebagai sumber malapetaka bagi keluarga Rafli.
C.   Bencana tidak diketahui dari mana datangnya, bencana dapat datang kapan saja.
D.  Kita harus waspada terhadap kehadiran orang yang dapat menimbulkan masalah.


Contoh soal Indikator 13
Cermati teks berikut!

Aku tau emak tentu tidak akan datang. Tidak mau, katanya tidak pantas.
“Sekolah itu kan tempat priyayi, lho, Gus. Emak kamu ini apa, ndak ilok kalau berada di tempat itu.”
“Oalah, Mak, Mak! Priyayi itu zaman dulu. Sekarang ini, orang sama saja, yang membedakan itukan isinya,” aku menekan telunjuk ke keningku.
“Itulah Gus yang Emak maksudkan priyayi. Emak tidak mau ke tempat yang angker itu. Nanti, Emak ini hanya
akan jadi tontonan saja, karena plonga-plongo kayak kerbau. Kasihan kamu Gus.”

14. Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.  Emak menjadi tontonan di sekolah.
B.  Emak merasa tidak pantas datang ke sekolah.
C.   Emak menganggap Gus sebagai seorang priyayi.
D.  Emak diajak Gus datang ke sekolahnya.


Contoh soal Indikator 14
Cermati teks berikut!

        Hari kian menanjak. Semburat jingga bercampur abu-abu sudah tak nampak lagi di langit sana. Dari balik jendela, saya pandangi sejenak purnama separuh bayang dalam pelukan kelam. Hati perih. Namun, saya sadar ini yang terbaik bagi kami.

15. Frasa purnama separuh bayang dalam pelukan kelam dalam cerita tersebut dapat disimpulkan sebagai….
A.  Waktu malam                           C. keputusasaan
B.  Kesedihan                                        D. suasana mendung

Contoh soal Indikator 15
Cermati teks berikut!

        Pada suatu hari, ketika kancil sedang mandi di tepi sungai, kakinya digigit oleh buaya. Kancil lalu berkata,”Hai, Buaya, kamu salah. Bukan kakiku yang kamu gigit, tapi sebatang kayu yang mengapung.” Kancil mencocokkan sebatang kayu dan berkata,”Inilah kakiku.”
        Lalu, Buaya melepaskan kaki Kancil dan menggigit dahan kayu itu. Segera Kancil melompat jauh ke darat sambil menertawakan Buaya.

16. Makna tersirat yang terdapat dalam fabel tersebut adalah ….
A.  makhluk besar lebih kuat dan lebih cerdik daripada makhluk kecil
B.  makhluk kecil lebih kuat dan lebih cerdik daripada makhluk besar
C.   makhluk besar dan makhluk kecil mempunyai kecerdikan yang sama
D.  makhluk yang kecil dan lemah dapat lebih cerdik dari makhluk yang besar

Contoh soal Indikator 16
Cermati teks berikut!

Pak Burung Hantu yang galak selalu tidur di siang hari. Suatu hari ketika sedang tidur, ia terganggu oleh nyanyian Pak Belalang yang berisik. Ia menengok dari lubang pohonnya, lalu mengusirnya.
“Pergi dari sini, Tuan,” katanya kepada Pak Belalang, “apakah Anda tidak memiliki sopan santun?” lanjutnya, “siang hari adalah waktu tidur saya. Biarkan saya tidur dengan tenang!”
“Saya juga berhak berada di tempat ini,” kata Pak Belalang sambil terus bernyanyi kencang.
Pak Burung Hantu bertambah kesal. Ia lalu mendapat ide. Ia kembali berbicara kepada Pak Belalang, namun dengan sangat ramah.
“Tuan Belalang yang baik hati, jika saya harus tetap terjaga, saya akan datang untuk menikmati nyanyian Anda. Namun, saat ini saya memiliki anggur lezat di sini. Silakan datang dan rasakan minuman lezat ini bersama saya,” kata Pak Burung Hantu.
Pak Belalang terhanyut oleh kata-kata Pak Burung Hantu. Dia melompat ke sarang Pak Burung Hantu. Ketika Pak Belalang cukup dekat dalam jangkauan, Pak Burung Hantu menangkapnya.

17. Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan fabel tersebut adalah ...
A.  Pak Burung Hantu yang tidur di siang hari.
B.  Pak Belalang tidak mau berhenti bernyanyi.
C.   Pak Burung Hantu menawarkan anggur kepada Pak Belalang.
D.  Pak Belalang dengan mudah terbujuk perkataan Pak Burung Hantu.

Contoh soal Indikator 17
Cermati teks berikut!

Teks 1 ( Cerpen )
Teks 2 ( Fabel )
    Dina, anak berusia tiga tahun itu diasuh oleh pembantunya. Kedua orang tuanya sibuk bekerja sepanjang hari. Dina kerap kali bermain sendiri tanpa pengawasan pembantu.
   Suatu hari, Dina mencorat – coret garasi dan mobil ayahnya dengan paku yang didapat di halaman. Ia menggambar dirinya digandeng ayah ibunya. Ketika ayah pulang, Dina menunjukkan gambarnya dengan bangga. Akan tetapi Ayah sangat marah melihat mobilnya penuh coretan. Ayah menghukum Dina. Keesokan harinya, Dina demam.
   Beberapa hari kemudian, sakit Dina semakin parah. Ayah membawa Dina ke dokter. Ayah menyesali perbuatannya.
     Di sebuah hutan, hiduplah seekor singa yang ganas. Ia berjanji tidak  akan memburu hewan hutan. Sebagai gantinya harus ada hewan yang suka rela menjadi mangsanya.
    Pada hari pertama perjanjian, kelinci datang dengan sukarela. Ia melompat–lompat sambil terengah–engah, “ Maaf, saya terlambat. Ada singa lain yang memburu saya.”
   Sang singa berkata, “ Mana singa yang mengejarmu? Aku habisi dia sekarang”
   “ Ya, dia ada di dalam sumur.”
   Sang singa mendatangi sumur dan menerkam bayangan singa yang tampak di air.
   Akhirnya, hewan – hewan hutan merasa lega karena tidak ada lagi pemangsa.


18. Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut berupa …
A.   Koda: Akhirnya, hewan-hewan hutan merasa lega karena tidak ada lagi pemangsa.
B.    Orientasi: Dina, anak berusia tiga tahun itu diasuh oleh pembantu.
C.    Resolusi: Sang Singa mendatangi sumur dan menerkam bayangan singa yang tampak di air.
D.   Komplikasi: Suatu hari, Dina mencorat-coret garasi dan mobil ayahnya dengan paku.

Contoh soal Indikator 18
Cermati teks soal indikator 17!

19. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
a.   Bahasa teks 1 singkat,padat,jelas. Bahasa teks 2 bertele – tele.
b.   Bahasa teks 1 tidak resmi, Bahasa teks 2 lebih resmi.
c.   Bahasa teks 1 mudah dipahami, Bahasa teks 2 sulit dipahami.
d.   Teks 1 menggunakan kata kerja yang biasa digunakan untuk manusia. Teks 2 menggunakan kata kerja yang digunakan untuk hewan. Seperti melompat-lompat,menerkam.

 
Contoh soal indikator 19 :
Cermati teks berikut !

Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.
19. Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.…
A. Mentari meredup
B. Mentari di sebelah barat
C. Ketika kerumunan tidak bersama
D. Kebohongan yang disampaikan tokoh kamu



Contoh soal Indikator 20 : mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Cermati teks berikut!

Di sebuah kolam yang besar hiduplah seekor kadal. Suatu hari kadal itu berjalan-jalan di pinggir kolam. Kadal sangat ingin mencoba kegiatan baru yaitu berpetualang. Tiba-tiba dalam kolam muncul sebuah kepala yang melenggak-lenggok seperti sedang mencari sesuatu. Kadal mendekati mahluk itu dan dia sedikit kaget ternyata ada seekor ular air. Ular air mengajak sang Kadal untuk berpetualang menyeberangi kolam, tetapi sang Kadal merasa takut.

21. Komentar yang tepat sesuai isi kutipan teks tersebut adalah ...
A. Ular jangan memengaruhi kadal yang takut.
B. Kadal harus mencoba hal baru dengan belajar.
C. Ular dan kadal jangan mencoba hal yang berbahaya.
D. Ular dan kadal hidup di sungai yang deras.

Contoh soal Indikator 21: Melengkapi istilah/kata dalam kalimat
Cermati teks berikut!

Bawang putih dikenal sebagai bumbu penyedap masakan. Padahal dibalik sedapnya aroma bawang putih, rempah ini juga bermanfaat bagi kesehatan.
Bawang putih mengandung zat aliicin dan aliin yang mampu mengurangi tekanan darah dan kerusakan yang berpengaruh terhadap darah serta mencegah (....) karena dapat mengurangi lemak dalam darah.
Bawang putih juga mengandung sulfur yang jika dikunyah dan ditelan dapat mengeluarkan lendir dan meredakan flu.

22. Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah....
a.  Kolesterol
b.  Stamina
c.  Diabetes
d.  Anemia

Contoh soal Indikator 22 : Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
Cermati teks berikut!

Cara membuat tempe
1.   Cuci kedelai dengan cara diremas – remas,rebus hingga setengah matang!
2.  Pilih jenis kedelai yang kuning mengilat!
3.  Masukkan kedelai yang telah diberi ragi ke dalam kantong plastik!
4.  Bersihkan kedelai yang setengah matang sampai kulit biji lepas dan masak lagi sampai empuk, tiriskan sampai kering!
5.  Campur kedelai itu dengan benih jamur ( ragi )!
6.  Setelah kurang lebih satu malam, kedelai ditusuk – tusuk, biarkan sampai 36 jam, dan tempe siap dikonsumsi!
23. Urutan kalimat yang tepat dalam penulisan teks prosedur tersebut adalah…

Contoh soal Indikator 23 : Melengkapi paragraf

Cara membuat pisang goreng gurih ( tanpa tepung )
     
1.    Kupas pisang dengan pisau !
2.    Iris tipis – tipis (sesuai selera)!
3.    Beri  garam secukupnya,ratakan!
4.    (…)
5.    Letakkan wajan diatas kompor!
6.    Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan!
7.    Panaskan !
8.    (…)
9.    Goreng pisang sampai kuning kecokelatan!
10. Angkat, kemudian sajikan!

24.  Kalimat – kalimat yang tepat untuk melengkapi teks  prosedur yang rumpang tersebut adalah…
a.    (4) Masukkan pisang ke dalam wajan!
(8) Nyalakan Kompor!
b.    (4) Nyalakan Kompor!
(8)  Masukkan pisang ke dalam wajan!
c.    (4) Cuci pisang sampai bersih!
(8) Matikan kompor
d.    (4) Masukkan pisang ke dalam wajan!
(8) Cuci pisang sampai bersih!
25.  Paragraf  yang tepat untuk membuka teks prosedur  tersebut adalah ….
a.    Pisang goreng hampir selalu tersaji dengan balutan tepung renyah. Kali ini, kita akan membuat pisang goreng tanpa tepung yang rasanya tidak kalah lezat. Kita dapat lebih menikmati rasa asli pisang yang manis dan legit. Selamat mencoba.
b.    Bahan – bahan yang diperlukan :
·           2 buah pisang tanduk
·           1 sendok teh garam
·           Minyak untuk menggoreng
c.    Bagaimana rasanya? Jelas manis sebab pisangnya sendiri sudah manis. Pisang goreng ini lebih lezat ditambah gula halus, keju, atau cokelat diatasnya. Tapi ingat, jangan setiap hari memakannya ya, karena bahaya untuk kadar gula dalam tubuh.

d.    Pisang goreng adalah makanan ringan yang dibuat dari buah pisang yang dikupas lalu digoreng. Makanan ini banyak ditemui di Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Contoh soal Indikator 24 : Melengkapi bagian teks
Cermati teks berikut!
Melayani tamu yang datang di perusahaan tidaklah semudah yang dibayangkan. Setiap perusahaan menyusun standar pelayanan yang harus dipatuhi oleh petugas pelayanan saat melayani mereka. Ada perusahaan yang menempatkan petugas khusus untuk membukakan pintu bagi setiap tamu yang datang. Ada juga perusahaan yang menyediakan sejumlah media untuk dibaca tamu saat berada di ruang tamu. [ .......... ] Dengan melakukan tindakan simpatik itu, perusahaan berusaha membangun kesan pertama di benak pelanggan dan kolega.

26. Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. Ekspresi wajah merupakan kesan pertama berkaitan erat dengan perilaku petugas pelayanan saat melayani tamu.
b. Dengan memperhatikan berbagai aspek tersebut kesan pertama dengan tamu dan kolega akan bernilai positif.
c. Beberapa tindakan tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan sikap simpatik dan hormat kepada pelanggan dan tamu.
d. Petugas pelayanan menjadi wakil perusahaan saat berinteraksi dengan tamu sehingga harus bisa memberi kesan positif.


Contoh soal Indikator 25 : Memvariasikan kata
27.  Variasi kata melihat pada kutipan kalimat berikut yang kurang tepat adalah....
a. Siswa itu ketahuan mengintip soal ulangan temannya
b. Ayah masih menonton televisi di ruang tengah
c. Ibu sedang menengok temannya di rumah sakit
d. Kami menyaksikan peristiwa perampokan itu semalam


Contoh soal Indikator 26 : Memvariasikan kalimat
Bacalah teks berikut!
1)    Hari itu matahari bersinar dengan terik, seakan-akan sang raja siang itu ingin membakar semua yang ada dibawahnya. (2) Namun, di tengah-tengah panasnya hari tersebut, seorang anak laki-laki sedang menjajakan kuenya. Dia adalah Doni, seorang anak kurus dengan rambut hitam yang sedikit ikal.
28. Variasi kalimat yang sesuai dengan kalimat nomor (1) tersebut adalah ....
A. Hari itu matahari bersinar dengan terik, seakan-akan ada api yang membakar semua yang ada di bawahnya.
B. Hari itu matahari bersinar dengan terik, seakan-akan matahari itu ingin membakar semua yang ada di bawahnya.
C. Pada siang hari yang sangat panas, raja siang mengamuk seakan-akan ingin membakar semua yang disinarinya.
D. Raja siang bersinar sangat terik, sehingga semua yang ada di bawahnya terbakar oleh panasnya matahari.


Contoh soal Indikator 27 : Menulis dengan ilustrasi tertentu
Perhatikan data berikut!

Jumlah Buku di Perpustakaan Rima

Jumlah Buku di Perpustakaan Rima
No
Jenis
Judul
Eksemplar
1.
Cerita anak
42
134
2.
Novel remaja
38
80
3.
Roman
19
42
4.
Dongeng
64
70

Jumlah
163
326

29.  Teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah …

a.    Jenis buku fiksi yang dimiliki perpustakaan Rima sangat banyak jenisnya. Kumpulan judul fiksi yang paling banyak adalah cerita anak.
b.    Perpustakaan Rima memiliki berbagai jenis cerita anak, novel remaja, roman, dan dongeng. Buku fiksi yang memiliki judul dan jumlah terbanyak adalah dongeng.
c.    Jenis buku yang dimiliki berupa cerita anak-anak, novel remaja, roman, dan dongeng. Sesuai dengan data di perpustakaan Rima, jumlah seluruh buku yang ada 163 eksemplar.

d.    Perpustakaan Rima memiliki empat jenis buku cerita, yaitu cerita anak, novel remaja, roman, dan dongeng. Dongeng memiliki judul terbanyak dan jumlah judul paling sedikit adalah roman. 



Contoh soal Indikator 28 : Mengubah teks ke bentuk lain
Cermati teks berikut!
            Pupuk kandang merupakan pupuk yang didapatkan dari kotoran ternak, seperti ayam, kambing, atau sapi. Pupuk kandang ternyata lebih bagus dibandingkan dengan pupuk kimia.
          Tanaman yang dipupuk dengan pupuk kandang ternyata lebih tahan terhadap penyakit dan subur. Daun dan bunga pada tanaman yang dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang lebih banyak. Tanamanpun terlihat kuat dan sehat. Adapun tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia memiliki daun dan bunga sedikit.
          Selain menyuburkan tanaman, pupuk kandang dapat menjaga keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman tetap mendapatkan nutrisi secara seimbang.

30.        Teks laporan observasi tersebut jika diubah teks eksposisi yang tepat menjadi....
a.  Pupuk kandang merupakan olahan kotoran hewan, biasanya ternak, yang diberikan pada lahan pertanian untuk memperbaiki kesuburan dan struktur tanah.
    Untuk tanaman sayur, petani biasa memberikan pupuk kandang dalam jumlah besar dengan dosis 20 – 75 ton per hektare. Adapun untuk tanaman pangan, seperti jagung dan kacang – kacangan lebih sedikit.
  Kebanyakan pupuk kandang berupa feses yang dikeluarkan oleh hewan. Tumpukan kotoran hewan dapat menghasilkan panas selama proses dekomposisi sehingga dapat terbakar secara spontan jika ditumpuk dalam tumpukan yang besar. Ketika kotoran hewan sudah terbakar, udara akan tercemar dan menimbulkan bau tidak sedap.
b.  Pupuk kandang merupakan pupuk yang didapatkan dari kotoran ternak, seperti ayam, kambing, atau sapi.
    Dilihat dari bentuknya, terdapat pupuk kandang padat dan cair. Pupuk padat biasanya didapatkan dari feses, sedangkan pupuk cair diambil dari air seni. Ada juga yang diambil dari campuran feses dan air seni, berbentuk campuran kental seperti lumpur. Ada juga pupuk kandang berupa campuran kotoran dengan material lain, seperti kotoran ayam yang bercampur sekam padi yang dijadikan alas kandang atau kotoran sapi yang bercampur jerami.
   Selain menyuburkan tanaman, pupuk kandang dapat menjaga keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman tetap mendapatkan nutrisi secara seimbang.
c.  Pupuk kandang ternyata lebih baik daripada pupuk kimia. Pupuk kandang mampu menjaga keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman tetap mendapatkan nutrisi secara seimbang. Berbeda dengan pupuk kimia yang bisa membuat tanah menjadi rusak.
   Zat hara yang dikandung pupuk kandang bergantung pada sumber kotoran bahan bakunya. Pupuk kandang sapi kaya akan nitrogen dan mineral logam, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Pupuk kandang ayam memiliki kandungan fosfor lebih tinggi. Pupuk kandang mampu mempertahankan struktur fisik tanah sehingga akar dapat tumbuh secara baik. Jadi penggunaan pupuk kandang lebih baik daripada pupuk kimia.
d.  Pupuk kandang merupakan pupuk yang didapatkan dari kotoran ternak, seperti ayam, kambing, atau sapi.
    Pembuatan pupuk kandang secara terbuka dapat dilakukan dengan menggali lubang yang memiliki kedalaman 2 – 3 meter. Lalu, kita membuat sanitasi air untuk mecegah air hujan merembes kedalam lubang. Setelah itu, barulah memasukkan kotoran ternak dan membiarkannya dalam keadaan terbuka selama 3 – 4 bulan hingga siap digunakan.


Contoh soal Indikator 29 : Menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah

(1)   Setiap perusahaan mempunyai tata tertib. (2) Tata tertib perusahaan harus ditaati oleh seluruh karyawan.(3) Karyawan yang melanggar tata tertib perusahaan harus mendapatkan sangsi. (4) Hukuman paling berat bagi karyawan yang melanggar tata tertib perusahaan adalah pemutusan hubungan kerja.
31.        Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat ditunjukkan pada kalimat nomor….
A.   (1)                                                  C. (3)
B.   (2)                                                 D. (4)

Contoh soal Indikator 30 : Menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah

Cermati teks berikut!
1)     Kebiasaan mencontek justru akan memadamkan semangat belajar. 2) Para pencontek biasanya berpikir untuk mempersiapkan bahan-bahan menyontek contekan, nilai yang diperoleh pun kadang lebih bagus dari siswa yang jujur. 3) Nilai boleh saja bagus, namun sebenarnya ia tidak tahu apa-apa dan tidak ada apa-apanya. 4) Ilmu pengetahuannya tidak pernah bertambah karena rajin mencontek.
32.        Kalimat yang salah penulisannya adalah nomor ….
A.   1                                                        C. 3
B.   2                                                        D. 4

Contoh soal Indikator 31 : Menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)

Cermati kalimat berikut!
Dalam rangka membeerikan kesempatan bekerja yang seluas-luasnya, pemerintah selalu … perempuan dan pemuda usia produktif.
33.  Diksi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A.   berdayakan
B.   diberdayakan
C.    pemberdayaan
D.   memberdayakan

Contoh soal Indikator 32 : Mengisi konjungsi dalam kalimat

Cermati paragraf berikut!
          Pagi itu, di kompleks pertokoan, seorang pria tampak turun dari mobil mewahnya. Ia bermaksud untuk membeli sebuah kado sebagai hadiah untuk ibunya di Hari Ibu. Setelah mendapatkan kado, ia mengirimkannya melalui pos untuk ibunya di kampong. … ia merasa bahagia, … mampu mengirimkan sesuatu untuk ibunya yang ia tinggal pergi untuk mencari nafkah dan mengejar kesuksesan di kota besar.
34.  Konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.    kemudian, lalu
B.     setelah itu, sebelum
C.     selanjutnya, sebelum
          D.     tiba-tiba, setelah

Contoh soal Indikator 33 : Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf.
Cermati teks berikut!
Ada banyak hal yang bisa diulas dalam novel Lima Sekawan ini. Semua cerita tentang kepahlawanan, keberanian, kepercayaan, persahabatan, kecerdikan, dan tekad yang kuat dapat ditemukan dalam novel ini. Ia mengajak para pembaca untuk ikut andil dalam petualangan Lima Sekawan. Semuanya dideskripsikan dengan sangat baik sehingga mudah untuk dibayangkan.

35.  Perbaikan kalimat tidak logis yang terdapat pada teks ulasan tersebut adalah....
A.    Novel ini seakan – akan mengajak para pembaca ikut andil dalam petualangan Lima Sekawan
B.     Novel ini memotivasi para pembaca untuk bertualang seperti yang dilakukan oleh Lima Sekawan
C.     Novel ini mengajak para pembaca untuk terus mengikuti petualangan Lima Sekawan
D.     Novel ini bercerita tentang kepahlawanan, keberanian, kepercayaan, persahabatan, dan kecerdikan Lima sekawan.


Contoh soal Indikator 34 : Menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf.

Cermati teks berikut!
Buku Terima Kasih Ayah berisi kumpulan cerpen dan renungan yang semuanya menggambarkan kemuliaan seorang ayah. Berawal dari cerita – cerita yang ditulis dalam akun twiter @Terimakasihayah yang kemudian di kemas dan di satukan dalam sebuah buku yang sangat layak untuk di baca sebagai renungan. Mengapa ayah tidak banyak bicara? Mengapa ayah sibuk bekerja? Mengapa ayah jarang mengungkapkan rasa sayang lewat kata? Semuanya menjadi bisa diterima saat kita memahami beban dan tanggung jawab seorang ayah.


36.  Penulisan kata di tulis, di kemas, disatukan, di baca, di terima pada teks ulasan tersebut salah karena....
A. “di” pada kata – kata tersebut merupakan kata depan yang penulisannya disatukan dengan kata kerja yang mengikutinya
B.  “di” pada kata – kata tersebut merupakan kata depan yang penulisannya diikuti oleh kata keterangan tempat
C.  “di” pada kata – kata tersebut merupakan imbuhan yang penulisannya disatukan dengan kata kerja yang mengikutinya
D. “di” pada kata – kata tersebut merupakan imbuhan yang penulisannya diikuti oleh kata keterangan tempat.


Contoh soal Indikator 35 : Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan.

Cermati teks berikut!
Chairil Anwar dilahirkan di Medan, tanggal 26 juli 1922. Chairil Anwar adalah tipe pemuda yang suka membaca dan belajar sendiri, sehingga tulisannya memiliki kualitas yang sangat tinggi. Ia pun dikenal sebagai pelopor penyair Angkatan 45. Dari esai – esai dan sajaknya, jelas sekali ia seorang individualistis yang bebas. Dengan berani dan secara demonstratif, ia menentang pula sensor Jepang dan ia selalu menjadi incaran Kempetai ( polisi rahasia Jepang ).

37.  Kesalahan penulisan ejaan dalam teks tersebut terdapat pada kata ....
A. Kualitas
B.  Esai
C.  Individualitas
D. Demonstratif

Contoh soal Indikator 36 : Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca.

Bacalah teks berikut dengan saksama!
          Soedirman dilahirkan di Bodas Karangjati-Purbalingga-Jawa Tengah, 24 Januari 1916. Ayahnya, Karsid Kartowirodji, adalah pekerja pabrik gula dan ibunya, Siyem, adalah keturunan Wedana Rembang. Beliau memperoleh pendidikan di Sekolah Taman Siswa, lalu melanjutkan ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Surakarta.
          Ketika pendudukan Jepang, beliau masuk tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor. Setelah itu, beliau menjadi komandan Batalyon di Kroya, Jawa Tengah.

38.  Kesalahan penulisan tanda baca dalam teks tersebut terdapat pada kalimat…
A.  Soedirman dilahirkan di Bodas Karangjati- Purbalingga-Jawa Tengah, 24 Januari 1916.
B.   Ayahnya, Karsid Kartowirodji, adalah pekerja pabrik gula dan ibunya, Siyem, adalah keturunan Wedana Rembang.
C.     Ketika pendudukan Jepang, beliau masuk tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor.
D.    Setelah itu, beliau menjadi komandan Batalyon di Kroya, Jawa Tengah.


Contoh soal Indikator 37 : Menggunakan ejaan.
     Cermati teks  berikut !

Secara pribadi, saya setuju PSSI dibekukan. Pembekuan itu bukan berarti melarang orang untuk main bola ke lapangan atau juga ke tempat futsal. Toh, sewa lapangan tetap mahal dan penuh. Baik lapangan besar atau futsal. Pertandingan (.....) sepak bola tetap jalan. Bahkan sebelum dibekukan, PSSI pusat hingga daerah jarang (....) sekolah sepak bola. Akan tetapi, Menpora sebagai wakil pemerintah harus membuktikan keputusannya dengan kenyataan dilapangan dan jangan lamban dalam membentuk kepengurusan PSSI yang (....)

39.  Kata – kata yang tepat untuk melengkapi teks tanggapan kritis tersebut adalah ....
A.   antar sekolah, memperhatikan, kompeten
B.   antarsekolah, memerhatikan, kompeten
C.    antar sekolah, memerhatikan, kompeten
D.   antarsekolah, memerhatikan, kompetensi


Contoh soal Indikator 38 : Menggunakan tanda baca.

Cermati teks berikut!

        Ayah bergegas berangkat kerja pagi itu. Ia tidak sempat menyantap sarapannya. Setelah memakai seragam dan sepatu, ia menuju ruang kerja untuk mengambil tas dinasnya. Namun, Ayah tidak melihat tasnya di ruang itu. Ayah bertanya kepada Ibu, di mana tas kerjanya.

 40.  Penulisan kalimat langsung yang benar untuk kalimat ke-5 kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.   “Di mana tas Ayah, Bu?” Tanya Ayah.
B.   Ayah bertanya kepada Ibu,” Di mana tas kerjanya?”
C.    Ayah bertanya bahwa, “Di mana tas kerja Ayah, Bu?”
D.   “Di mana tas kerja Ayah, Bu? tanya Ayah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar