Contoh
soal Indikator 8
Teks 1 (Biografi)
Bung Hatta yang bernama
lengkap Dr. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat tanggal 12
Agustus 1902. Beliau bukan saja seorang proklamator, tetapi juga arsitek
negara. Beliau disegani karena kemampuannya menggalang masyarakat
internasional. Beliau lebih memilih berjuang dengan menyusun strategi, bekerja
sama, serta menulis berbagai artikel dan buku untuk memperjuangkan nasib
bangsa.
Teks 2 (Eksposisi)
Setiap kehidupan tokoh
besar selalu menarik untuk disimak karena di dalamnya terkandung banyak hikmah
yang dapat dijadikan teladan. Perjuangan dan pengalaman tokoh tersebut dapat
dijadikan pelajaran bagi orang lain untuk peningkatan kualitas diri. Contoh
tokoh besar yang menarik diketahui adalah Mohammad Hatta.
9. Perbedaan penggunaan bahasa dalam kedua teks
tersebut adalah ....
Contoh
soal Indikator 9
Cermati teks berikut!
Dalam
sampul buku Seribu Senyum dan Setetes Air
Mata ini disebutkan bahwa buku ini
merupakan kumpulan esai. Bagi saya tidak. Apa yang ditulis oleh Myra Sidharta
lebih merupakan kumpulan catatan ataupun kolom Myra atas apa yang ditemuinya
sehari-hari. Melalui catatan-catatan ini, kita diajak untuk merenungkan
berbagai hal, mulai dari kebudayaan, kemanusiaan, hingga politik.
10. Kalimat yang tepat untuk menyatakan keunggulan
buku tersebut adalah …
A. Myra
beberapa kali menyampaikan sejumlah persoalan mengenai “nasib” Tionghoa
peranakan di Indonesia.
B. Seperti
kita ketahui, ia adalah seorang psikolog sekaligus sinolog yang mumpuni.
C. Hal
yang menarik dari kumpulan tulisan Myra adalah gaya penulisan yang sangat cair
dengan tambahan gaya humor sesekali sehingga tulisan enak dibaca.
D. Saya
melihat Myra memiliki cakrawala pengetahuan yang luas.
Contoh
soal indikator 10 :
Cermati
teks berikut !
Teks 1 ( cerpen )
|
Teks 2 ( fabel )
|
Suatu sore,
ketika aku sedang sibuk mengetik tugas,
kamarku diketuk orang. Seingat aku, sore itu aku tidak berjanji dengan
siapa – siapa.
“ Wah. Saudara sibuk
betul rupanya.”
Tentu saja sedang sibuk.
Kalau tidak sibuk tentu tidak bakalan berserakan kertas – kertas di mejaku.
Kalau sudah tau sedang sibuk kenapa kau masih datang bertamu ? Tetapi,
cobalah bayangkan bagaimana pula kau harus mengusir orang yang sudah berdiri
dihadapanmu? Dengan rasa ketimuran, yang terlontar dari mulutku adalah “ Ya,
Begitulah.”
|
Monyet dan Katak hendak
memanen pisang dari pohon yang mereka tanam bersama.
“ Nyet cepat, aku sudah
tidak sabar lagi !” kata Katak,
“ Baiklah!” kata Monyet
lalu memanjat pohon pisang.
“
Nyet, lemparkan pisang untukku!”
“
Karena kamu tidak bisa memanjat, kamu makan kulitnya saja!” kata Monyet
sambil melempar kulit pisang. Katak terus
memaksa monyet untuk memberikan buah pisang,tetapi Monyet tidak peduli. Katak menjadi marah.
“ Nyet, cepat habiskan buah pisangnya, pohon
ini sebentar lagi akan ku tebang.” Monyet tidak peduli. Akhirnya ,pohon itu
roboh dan Monyet terjatuh
|
11. Perbedaan nilai moral yang terkandung dalam kedua
teks tersebut adalah….
a.
Nilai moral teks 1 : saling menghormati dan menghargai.
Nilai moral teks 2 menepati janji
b.
Nilai moral teks 1 : berpura – pura baik. Nilai
moral teks 2 : hidup tolong – menolong
c.
Nilai moral teks 1 : bertamu pada waktu yang
tepat. Nilai moral teks 2 : bersikap adil
Nilai moral teks 1
:menjaga perasaan orang lain. Nilai moral teks 2 : tidak boleh serakah
Contoh
soal Indikator 11
Cermati teks
berikut!
Setelah
mendengar penjelasanku, air muka mas Indra tampak lebih rileks. Demikian pula
pandangan matanya yang semula keras dan tajam mulai melunak.
“Aku
mengerti perasaanmu, tapi bersabarlah. Pengorbanan selalu
diperlukan untuk kemajuan yang akan dicapai,” katanya. Aku menganggukan kepala.
12. Makna frasa air
muka pada kutipan cerpen tersebut adalah ... .
A. Keringat C. kulit wajah
B. Amarah D. mimik wajah
Contoh soal
Indikator 12
Cermati
teks berikut!
Tarisa sering difitnah dan dianggap sebagai sumber
malapetaka bagi keluarga Rafli. Mula-mula, ia dituduh sebagai pembawa sial
dalam kehidupan keluarga Ibu Aminah, lalu dituduh pembawa sial atas terbakarnya
toko buku keluarga Aminah. Pendek kata, kehadiran Tarisa dipandang sebagai
sumber malapetaka dan kehancuran keluarga Ibu Aminah. Bahkan, perkawinan Rafli
dan Tarisa pun terancam bubar. Akan tetapi, sumber segala persoalan sebenarnya
bermula dari kehadiran sosok Farida.
13. Makna tersurat dari
kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Tarisa
dianggap sebagai penyebab terbakarnya toko buku keluarga Aminah.
B. Tarisa
difitnah dan dianggap sebagai sumber malapetaka bagi keluarga Rafli.
C.
Bencana tidak diketahui dari mana datangnya, bencana
dapat datang kapan saja.
D. Kita
harus waspada terhadap kehadiran orang yang dapat menimbulkan masalah.
Contoh soal
Indikator 13
Cermati teks
berikut!
Aku tau emak tentu
tidak akan datang. Tidak mau, katanya tidak pantas.
“Sekolah itu kan
tempat priyayi, lho, Gus. Emak kamu ini apa, ndak ilok kalau berada di tempat itu.”
“Oalah, Mak, Mak!
Priyayi itu zaman dulu. Sekarang ini, orang sama saja, yang membedakan itukan
isinya,” aku menekan telunjuk ke keningku.
“Itulah Gus yang
Emak maksudkan priyayi. Emak tidak mau ke tempat yang angker itu. Nanti, Emak
ini hanya
akan jadi tontonan
saja, karena plonga-plongo kayak
kerbau. Kasihan kamu Gus.”
14. Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Emak
menjadi tontonan di sekolah.
B. Emak
merasa tidak pantas datang ke sekolah.
C. Emak
menganggap Gus sebagai seorang priyayi.
D. Emak
diajak Gus datang ke sekolahnya.
Contoh soal
Indikator 14
Cermati teks berikut!
Hari
kian menanjak. Semburat jingga bercampur abu-abu sudah tak nampak lagi di
langit sana. Dari balik jendela, saya pandangi sejenak purnama separuh bayang
dalam pelukan kelam. Hati perih. Namun, saya sadar ini yang terbaik bagi kami.
15. Frasa purnama
separuh bayang dalam pelukan kelam dalam cerita tersebut dapat disimpulkan
sebagai….
A. Waktu malam C. keputusasaan
B. Kesedihan D.
suasana mendung
Contoh soal
Indikator 15
Cermati teks berikut!
Pada
suatu hari, ketika kancil sedang mandi di tepi sungai, kakinya digigit oleh
buaya. Kancil lalu berkata,”Hai, Buaya, kamu salah. Bukan kakiku yang kamu
gigit, tapi sebatang kayu yang mengapung.” Kancil mencocokkan sebatang kayu dan
berkata,”Inilah kakiku.”
Lalu,
Buaya melepaskan kaki Kancil dan menggigit dahan kayu itu. Segera Kancil
melompat jauh ke darat sambil menertawakan Buaya.
16. Makna tersirat yang terdapat dalam fabel
tersebut adalah ….
A. makhluk besar lebih kuat
dan lebih cerdik daripada makhluk kecil
B. makhluk kecil lebih kuat
dan lebih cerdik daripada makhluk besar
C. makhluk besar dan makhluk
kecil mempunyai kecerdikan yang sama
D. makhluk yang kecil dan
lemah dapat lebih cerdik dari makhluk yang besar
Contoh soal
Indikator 16
Cermati teks berikut!
Pak Burung Hantu
yang galak selalu tidur di siang hari. Suatu hari ketika sedang tidur, ia
terganggu oleh nyanyian Pak Belalang yang berisik. Ia menengok dari lubang
pohonnya, lalu mengusirnya.
“Pergi dari sini, Tuan,”
katanya kepada Pak Belalang, “apakah Anda tidak memiliki sopan santun?”
lanjutnya, “siang hari adalah waktu tidur saya. Biarkan saya tidur dengan
tenang!”
“Saya juga berhak berada
di tempat ini,” kata Pak Belalang sambil terus bernyanyi kencang.
Pak Burung Hantu bertambah
kesal. Ia lalu mendapat ide. Ia kembali berbicara kepada Pak Belalang, namun
dengan sangat ramah.
“Tuan Belalang yang baik
hati, jika saya harus tetap terjaga, saya akan datang untuk menikmati nyanyian
Anda. Namun, saat ini saya memiliki anggur lezat di sini. Silakan datang dan
rasakan minuman lezat ini bersama saya,” kata Pak Burung Hantu.
Pak Belalang terhanyut
oleh kata-kata Pak Burung Hantu. Dia melompat ke sarang Pak Burung Hantu.
Ketika Pak Belalang cukup dekat dalam jangkauan, Pak Burung Hantu menangkapnya.
17. Penyebab
terjadinya konflik dalam kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Pak
Burung Hantu yang tidur di siang hari.
B. Pak
Belalang tidak mau berhenti bernyanyi.
C.
Pak Burung Hantu menawarkan anggur kepada Pak
Belalang.
D. Pak
Belalang dengan mudah terbujuk perkataan Pak Burung Hantu.
Contoh soal
Indikator 17
Cermati teks berikut!
Teks 1 ( Cerpen )
|
Teks 2 ( Fabel )
|
Dina, anak berusia tiga tahun itu diasuh
oleh pembantunya. Kedua orang tuanya sibuk bekerja sepanjang hari. Dina kerap
kali bermain sendiri tanpa pengawasan pembantu.
Suatu hari, Dina mencorat – coret garasi
dan mobil ayahnya dengan paku yang didapat di halaman. Ia menggambar dirinya
digandeng ayah ibunya. Ketika ayah pulang, Dina menunjukkan gambarnya dengan
bangga. Akan tetapi Ayah sangat marah melihat mobilnya penuh coretan. Ayah
menghukum Dina. Keesokan harinya, Dina demam.
Beberapa hari kemudian, sakit Dina semakin
parah. Ayah membawa Dina ke dokter. Ayah menyesali perbuatannya.
|
Di sebuah hutan, hiduplah seekor singa
yang ganas. Ia berjanji tidak akan
memburu hewan hutan. Sebagai gantinya harus ada hewan yang suka rela menjadi
mangsanya.
Pada hari pertama perjanjian, kelinci
datang dengan sukarela. Ia melompat–lompat sambil terengah–engah, “ Maaf,
saya terlambat. Ada singa lain yang memburu saya.”
Sang singa berkata, “ Mana singa yang
mengejarmu? Aku habisi dia sekarang”
“ Ya, dia ada di dalam sumur.”
Sang singa mendatangi sumur dan menerkam
bayangan singa yang tampak di air.
Akhirnya, hewan – hewan hutan merasa lega
karena tidak ada lagi pemangsa.
|
18. Perbedaan pola
pengembangan kedua teks tersebut berupa …
A. Koda: Akhirnya,
hewan-hewan hutan merasa lega karena tidak ada lagi pemangsa.
B. Orientasi: Dina, anak
berusia tiga tahun itu diasuh oleh pembantu.
C. Resolusi: Sang Singa
mendatangi sumur dan menerkam bayangan singa yang tampak di air.
D. Komplikasi: Suatu hari, Dina
mencorat-coret garasi dan mobil ayahnya dengan paku.
Contoh soal
Indikator 18
Cermati teks soal indikator 17!
19. Perbedaan penggunaan
bahasa kedua teks tersebut adalah ....
a.
Bahasa teks 1 singkat,padat,jelas. Bahasa teks 2
bertele – tele.
b.
Bahasa teks 1 tidak resmi, Bahasa teks 2 lebih
resmi.
c.
Bahasa teks 1 mudah dipahami, Bahasa teks 2 sulit
dipahami.
d.
Teks 1 menggunakan kata kerja yang biasa digunakan
untuk manusia. Teks 2 menggunakan kata kerja yang digunakan untuk hewan.
Seperti melompat-lompat,menerkam.
Contoh
soal indikator 19 :
Cermati
teks berikut !
Kuingin kau berbohong
padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika
mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika
kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang
pertama kepadaku.
19. Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.…
A. Mentari meredup
B. Mentari di sebelah barat
C. Ketika kerumunan tidak bersama
D. Kebohongan yang disampaikan tokoh kamu
19. Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.…
A. Mentari meredup
B. Mentari di sebelah barat
C. Ketika kerumunan tidak bersama
D. Kebohongan yang disampaikan tokoh kamu
Contoh soal Indikator
20 : mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Cermati teks berikut!
Di sebuah kolam yang besar
hiduplah seekor kadal. Suatu hari kadal itu berjalan-jalan di pinggir kolam.
Kadal sangat ingin mencoba kegiatan baru yaitu berpetualang. Tiba-tiba dalam kolam muncul sebuah kepala yang
melenggak-lenggok seperti sedang mencari sesuatu. Kadal mendekati mahluk itu
dan dia sedikit kaget ternyata ada seekor ular air. Ular air mengajak sang
Kadal untuk berpetualang menyeberangi kolam, tetapi sang Kadal merasa takut.
21. Komentar yang tepat sesuai isi kutipan teks tersebut adalah ...
A. Ular jangan memengaruhi kadal yang takut.
B. Kadal harus mencoba hal baru dengan belajar.
C. Ular dan kadal jangan mencoba hal yang berbahaya.
D. Ular dan kadal hidup di sungai yang deras.
21. Komentar yang tepat sesuai isi kutipan teks tersebut adalah ...
A. Ular jangan memengaruhi kadal yang takut.
B. Kadal harus mencoba hal baru dengan belajar.
C. Ular dan kadal jangan mencoba hal yang berbahaya.
D. Ular dan kadal hidup di sungai yang deras.
Contoh soal Indikator 21: Melengkapi
istilah/kata dalam kalimat
Cermati teks berikut!
Bawang putih dikenal sebagai bumbu penyedap masakan. Padahal
dibalik sedapnya aroma bawang putih, rempah ini juga bermanfaat bagi kesehatan.
Bawang
putih mengandung zat aliicin dan aliin yang mampu mengurangi tekanan darah dan
kerusakan yang berpengaruh terhadap darah serta mencegah (....) karena dapat
mengurangi lemak dalam darah.
Bawang
putih juga mengandung sulfur yang jika dikunyah dan ditelan dapat mengeluarkan
lendir dan meredakan flu.
22. Istilah yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut adalah....
a. Kolesterol
b. Stamina
c. Diabetes
d. Anemia
Contoh soal Indikator 22 : Menyusun urutan kalimat
berbagai jenis teks
Cermati teks berikut!
Cara
membuat tempe
1.
Cuci kedelai dengan cara diremas – remas,rebus
hingga setengah matang!
2.
Pilih jenis kedelai yang kuning mengilat!
3.
Masukkan kedelai yang telah diberi ragi ke dalam kantong
plastik!
4.
Bersihkan kedelai yang setengah matang sampai
kulit biji lepas dan masak lagi sampai empuk, tiriskan sampai kering!
5.
Campur kedelai itu dengan benih jamur ( ragi )!
6.
Setelah kurang lebih satu malam, kedelai ditusuk –
tusuk, biarkan sampai 36 jam, dan tempe siap dikonsumsi!
23. Urutan kalimat yang tepat dalam penulisan teks
prosedur tersebut adalah…
Contoh soal Indikator 23 : Melengkapi paragraf
Cara
membuat pisang goreng gurih ( tanpa tepung )
1.
Kupas pisang dengan pisau !
2.
Iris tipis – tipis (sesuai selera)!
3.
Beri garam
secukupnya,ratakan!
4.
(…)
5.
Letakkan wajan diatas kompor!
6.
Tuangkan minyak goreng ke dalam
wajan!
7.
Panaskan !
8.
(…)
9.
Goreng pisang sampai kuning
kecokelatan!
10.
Angkat, kemudian sajikan!
24. Kalimat – kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks
prosedur yang rumpang tersebut adalah…
a.
(4) Masukkan pisang ke dalam wajan!
(8) Nyalakan Kompor!
b.
(4) Nyalakan Kompor!
(8) Masukkan pisang ke dalam wajan!
c.
(4) Cuci pisang sampai bersih!
(8) Matikan kompor
d.
(4) Masukkan pisang ke dalam wajan!
(8) Cuci pisang sampai
bersih!
25.
Paragraf yang tepat untuk membuka teks prosedur tersebut adalah ….
a.
Pisang goreng hampir selalu tersaji dengan balutan
tepung renyah. Kali ini, kita akan membuat pisang goreng tanpa tepung yang
rasanya tidak kalah lezat. Kita dapat lebih menikmati rasa asli pisang yang
manis dan legit. Selamat mencoba.
b.
Bahan – bahan yang diperlukan :
·
2 buah pisang tanduk
·
1 sendok teh garam
·
Minyak untuk menggoreng
c.
Bagaimana rasanya? Jelas manis sebab pisangnya
sendiri sudah manis. Pisang goreng ini lebih lezat ditambah gula halus, keju,
atau cokelat diatasnya. Tapi ingat, jangan setiap hari memakannya ya, karena
bahaya untuk kadar gula dalam tubuh.
d.
Pisang goreng adalah makanan ringan yang dibuat
dari buah pisang yang dikupas lalu digoreng. Makanan ini banyak ditemui di
Indonesia, Singapura, dan Malaysia.
Contoh soal Indikator 24 : Melengkapi bagian teks
Cermati teks berikut!
Melayani tamu yang datang di perusahaan tidaklah semudah yang dibayangkan. Setiap perusahaan menyusun standar
pelayanan yang harus dipatuhi oleh petugas pelayanan saat melayani mereka. Ada perusahaan
yang menempatkan petugas khusus untuk membukakan pintu bagi setiap tamu yang
datang. Ada juga perusahaan yang menyediakan sejumlah media untuk dibaca tamu
saat berada di ruang tamu. [ .......... ] Dengan melakukan tindakan simpatik
itu, perusahaan berusaha membangun kesan pertama di benak pelanggan dan kolega.
26. Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
26. Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. Ekspresi wajah
merupakan kesan pertama berkaitan erat dengan perilaku petugas pelayanan saat melayani tamu.
b. Dengan memperhatikan berbagai aspek tersebut kesan pertama dengan tamu dan kolega akan bernilai positif.
c. Beberapa tindakan tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan sikap simpatik dan hormat kepada pelanggan dan tamu.
d. Petugas pelayanan menjadi wakil perusahaan saat berinteraksi dengan tamu sehingga harus bisa memberi kesan positif.
b. Dengan memperhatikan berbagai aspek tersebut kesan pertama dengan tamu dan kolega akan bernilai positif.
c. Beberapa tindakan tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan sikap simpatik dan hormat kepada pelanggan dan tamu.
d. Petugas pelayanan menjadi wakil perusahaan saat berinteraksi dengan tamu sehingga harus bisa memberi kesan positif.
Contoh soal Indikator 25 : Memvariasikan kata
27. Variasi kata melihat pada
kutipan kalimat berikut yang kurang tepat adalah....
a. Siswa itu ketahuan mengintip soal ulangan temannya
b. Ayah masih menonton televisi di ruang tengah
c. Ibu sedang menengok temannya di rumah sakit
d. Kami menyaksikan peristiwa perampokan itu semalam
a. Siswa itu ketahuan mengintip soal ulangan temannya
b. Ayah masih menonton televisi di ruang tengah
c. Ibu sedang menengok temannya di rumah sakit
d. Kami menyaksikan peristiwa perampokan itu semalam
Contoh soal Indikator 26 : Memvariasikan kalimat
Bacalah teks berikut!
1) Hari itu
matahari bersinar dengan terik, seakan-akan sang raja siang itu ingin membakar
semua yang ada dibawahnya. (2) Namun, di tengah-tengah panasnya hari tersebut,
seorang anak laki-laki sedang menjajakan kuenya. Dia adalah Doni, seorang anak
kurus dengan rambut hitam yang sedikit ikal.
28. Variasi kalimat yang sesuai
dengan kalimat nomor (1) tersebut adalah ....
A. Hari itu matahari bersinar dengan
terik, seakan-akan ada api yang membakar semua yang ada di bawahnya.
B. Hari itu matahari bersinar dengan terik, seakan-akan matahari itu ingin membakar semua yang ada di bawahnya.
C. Pada siang hari yang sangat panas, raja siang mengamuk seakan-akan ingin membakar semua yang disinarinya.
D. Raja siang bersinar sangat terik, sehingga semua yang ada di bawahnya terbakar oleh panasnya matahari.
B. Hari itu matahari bersinar dengan terik, seakan-akan matahari itu ingin membakar semua yang ada di bawahnya.
C. Pada siang hari yang sangat panas, raja siang mengamuk seakan-akan ingin membakar semua yang disinarinya.
D. Raja siang bersinar sangat terik, sehingga semua yang ada di bawahnya terbakar oleh panasnya matahari.
Contoh soal Indikator 27 : Menulis dengan ilustrasi tertentu
Perhatikan data berikut!
Jumlah Buku di Perpustakaan Rima
Jumlah Buku di
Perpustakaan Rima
No
|
Jenis
|
Judul
|
Eksemplar
|
1.
|
Cerita anak
|
42
|
134
|
2.
|
Novel remaja
|
38
|
80
|
3.
|
Roman
|
19
|
42
|
4.
|
Dongeng
|
64
|
70
|
Jumlah
|
163
|
326
|
29. Teks laporan yang sesuai
dengan data tersebut adalah …
a. Jenis buku fiksi yang dimiliki perpustakaan Rima
sangat banyak jenisnya. Kumpulan judul fiksi yang paling banyak adalah cerita
anak.
b. Perpustakaan Rima memiliki berbagai jenis cerita anak,
novel remaja, roman, dan dongeng. Buku fiksi yang memiliki judul dan jumlah
terbanyak adalah dongeng.
c. Jenis buku yang dimiliki berupa cerita anak-anak,
novel remaja, roman, dan dongeng. Sesuai dengan data di perpustakaan Rima,
jumlah seluruh buku yang ada 163 eksemplar.
d. Perpustakaan Rima memiliki empat jenis buku cerita,
yaitu cerita anak, novel remaja, roman, dan dongeng. Dongeng memiliki judul
terbanyak dan jumlah judul paling sedikit adalah roman.
Contoh soal Indikator 28 : Mengubah teks ke bentuk lain
Cermati teks berikut!
Pupuk
kandang merupakan pupuk yang didapatkan dari kotoran ternak, seperti ayam,
kambing, atau sapi. Pupuk kandang ternyata lebih bagus dibandingkan dengan
pupuk kimia.
Tanaman yang dipupuk dengan pupuk
kandang ternyata lebih tahan terhadap penyakit dan subur. Daun dan bunga pada
tanaman yang dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang lebih banyak. Tanamanpun
terlihat kuat dan sehat. Adapun tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia
memiliki daun dan bunga sedikit.
Selain menyuburkan tanaman, pupuk
kandang dapat menjaga keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman
tetap mendapatkan nutrisi secara seimbang.
30.
Teks laporan
observasi tersebut jika diubah teks eksposisi yang tepat menjadi....
a. Pupuk kandang merupakan olahan kotoran hewan, biasanya ternak,
yang diberikan pada lahan pertanian untuk memperbaiki kesuburan dan struktur
tanah.
Untuk tanaman sayur, petani biasa memberikan pupuk kandang dalam
jumlah besar dengan dosis 20 – 75 ton per hektare. Adapun untuk tanaman pangan,
seperti jagung dan kacang – kacangan lebih sedikit.
Kebanyakan pupuk kandang berupa feses yang dikeluarkan oleh
hewan. Tumpukan kotoran hewan dapat menghasilkan panas selama proses
dekomposisi sehingga dapat terbakar secara spontan jika ditumpuk dalam tumpukan
yang besar. Ketika kotoran hewan sudah terbakar, udara akan tercemar dan
menimbulkan bau tidak sedap.
b. Pupuk kandang merupakan pupuk yang didapatkan dari kotoran
ternak, seperti ayam, kambing, atau sapi.
Dilihat dari bentuknya, terdapat pupuk kandang padat dan cair.
Pupuk padat biasanya didapatkan dari feses, sedangkan pupuk cair diambil dari
air seni. Ada juga yang diambil dari campuran feses dan air seni, berbentuk
campuran kental seperti lumpur. Ada juga pupuk kandang berupa campuran kotoran
dengan material lain, seperti kotoran ayam yang bercampur sekam padi yang
dijadikan alas kandang atau kotoran sapi yang bercampur jerami.
Selain menyuburkan tanaman, pupuk kandang dapat menjaga
keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman tetap mendapatkan nutrisi
secara seimbang.
c. Pupuk kandang ternyata lebih baik daripada pupuk kimia. Pupuk
kandang mampu menjaga keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman
tetap mendapatkan nutrisi secara seimbang. Berbeda dengan pupuk kimia yang bisa
membuat tanah menjadi rusak.
Zat hara yang dikandung pupuk kandang bergantung pada sumber
kotoran bahan bakunya. Pupuk kandang sapi kaya akan nitrogen dan mineral logam,
seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Pupuk kandang ayam memiliki kandungan
fosfor lebih tinggi. Pupuk kandang mampu mempertahankan struktur fisik tanah
sehingga akar dapat tumbuh secara baik. Jadi penggunaan pupuk kandang lebih
baik daripada pupuk kimia.
d. Pupuk kandang merupakan pupuk yang didapatkan dari kotoran
ternak, seperti ayam, kambing, atau sapi.
Pembuatan pupuk kandang secara terbuka dapat dilakukan dengan
menggali lubang yang memiliki kedalaman 2 – 3 meter. Lalu, kita membuat
sanitasi air untuk mecegah air hujan merembes kedalam lubang. Setelah itu,
barulah memasukkan kotoran ternak dan membiarkannya dalam keadaan terbuka
selama 3 – 4 bulan hingga siap digunakan.
Contoh soal Indikator 29 : Menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
(1) Setiap perusahaan mempunyai tata tertib. (2) Tata
tertib perusahaan harus ditaati oleh seluruh karyawan.(3) Karyawan yang
melanggar tata tertib perusahaan harus mendapatkan sangsi. (4) Hukuman paling
berat bagi karyawan yang melanggar tata tertib perusahaan adalah pemutusan
hubungan kerja.
31.
Kalimat yang menggunakan
kata tidak tepat ditunjukkan pada kalimat nomor….
A. (1) C.
(3)
B. (2) D.
(4)
Contoh soal Indikator 30 : Menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
Cermati teks berikut!
1) Kebiasaan mencontek justru akan memadamkan semangat
belajar. 2) Para pencontek biasanya berpikir untuk mempersiapkan bahan-bahan
menyontek contekan, nilai yang diperoleh pun kadang lebih bagus dari siswa yang
jujur. 3) Nilai boleh saja bagus, namun sebenarnya ia tidak tahu apa-apa dan
tidak ada apa-apanya. 4) Ilmu pengetahuannya tidak pernah bertambah karena
rajin mencontek.
32.
Kalimat yang salah
penulisannya adalah nomor ….
A. 1 C.
3
B. 2 D.
4
Contoh soal Indikator 31 : Menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah
bentukan kata)
Cermati kalimat berikut!
Dalam rangka
membeerikan kesempatan bekerja yang seluas-luasnya, pemerintah selalu …
perempuan dan pemuda usia produktif.
33. Diksi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut
adalah ….
A. berdayakan
B. diberdayakan
C. pemberdayaan
D. memberdayakan
Contoh soal Indikator
32 : Mengisi konjungsi dalam kalimat
Cermati paragraf berikut!
Pagi itu, di kompleks pertokoan,
seorang pria tampak turun dari mobil mewahnya. Ia bermaksud untuk membeli
sebuah kado sebagai hadiah untuk ibunya di Hari Ibu. Setelah mendapatkan kado,
ia mengirimkannya melalui pos untuk ibunya di kampong. … ia merasa bahagia, …
mampu mengirimkan sesuatu untuk ibunya yang ia tinggal pergi untuk mencari
nafkah dan mengejar kesuksesan di kota besar.
34. Konjungsi temporal yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
A. kemudian, lalu
B. setelah itu, sebelum
C. selanjutnya, sebelum
D. tiba-tiba, setelah
Contoh soal Indikator 33 : Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf.
Cermati
teks berikut!
Ada banyak hal yang bisa diulas dalam novel Lima Sekawan ini. Semua cerita tentang kepahlawanan, keberanian,
kepercayaan, persahabatan, kecerdikan, dan tekad yang kuat dapat ditemukan
dalam novel ini. Ia mengajak para pembaca untuk ikut andil dalam petualangan
Lima Sekawan. Semuanya dideskripsikan dengan sangat baik sehingga mudah untuk
dibayangkan.
35. Perbaikan kalimat tidak logis yang terdapat pada teks ulasan
tersebut adalah....
A. Novel ini seakan – akan mengajak para pembaca ikut andil dalam
petualangan Lima Sekawan
B. Novel ini memotivasi para pembaca untuk bertualang seperti yang
dilakukan oleh Lima Sekawan
C. Novel ini mengajak para pembaca untuk terus mengikuti
petualangan Lima Sekawan
D. Novel ini bercerita tentang kepahlawanan, keberanian,
kepercayaan, persahabatan, dan kecerdikan Lima sekawan.
Contoh soal Indikator 34 : Menentukan
alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf.
Cermati
teks berikut!
Buku Terima Kasih Ayah
berisi kumpulan cerpen dan renungan yang semuanya menggambarkan kemuliaan
seorang ayah. Berawal dari cerita – cerita yang ditulis dalam akun twiter
@Terimakasihayah yang kemudian di kemas dan di satukan dalam sebuah buku yang
sangat layak untuk di baca sebagai renungan. Mengapa ayah tidak banyak bicara?
Mengapa ayah sibuk bekerja? Mengapa ayah jarang mengungkapkan rasa sayang lewat
kata? Semuanya menjadi bisa diterima saat kita memahami beban dan
tanggung jawab seorang ayah.
36. Penulisan kata di tulis, di kemas, disatukan, di baca, di terima pada teks ulasan
tersebut salah karena....
A. “di” pada kata – kata tersebut merupakan kata depan yang
penulisannya disatukan dengan kata kerja yang mengikutinya
B. “di” pada kata – kata tersebut merupakan kata depan yang penulisannya
diikuti oleh kata keterangan tempat
C. “di” pada kata – kata tersebut merupakan imbuhan yang
penulisannya disatukan dengan kata kerja yang mengikutinya
D. “di” pada kata – kata tersebut merupakan imbuhan yang penulisannya diikuti oleh kata keterangan tempat.
D. “di” pada kata – kata tersebut merupakan imbuhan yang penulisannya diikuti oleh kata keterangan tempat.
Contoh
soal Indikator
35 : Menunjukkan kesalahan
penggunaan ejaan.
Cermati
teks berikut!
Chairil Anwar dilahirkan di Medan, tanggal 26 juli 1922. Chairil
Anwar adalah tipe pemuda yang suka membaca dan belajar sendiri, sehingga tulisannya
memiliki kualitas yang sangat tinggi. Ia pun dikenal sebagai pelopor penyair
Angkatan 45. Dari esai – esai dan sajaknya, jelas sekali ia seorang
individualistis yang bebas. Dengan berani dan secara demonstratif, ia menentang
pula sensor Jepang dan ia selalu menjadi incaran Kempetai ( polisi rahasia
Jepang ).
37. Kesalahan penulisan ejaan dalam teks
tersebut terdapat pada kata ....
A. Kualitas
B. Esai
C. Individualitas
D. Demonstratif
Contoh soal Indikator 36 : Menunjukkan
kesalahan penggunaan tanda baca.
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Soedirman dilahirkan di
Bodas Karangjati-Purbalingga-Jawa Tengah, 24 Januari 1916. Ayahnya, Karsid
Kartowirodji, adalah pekerja pabrik gula dan ibunya, Siyem, adalah keturunan
Wedana Rembang. Beliau memperoleh pendidikan di Sekolah Taman Siswa, lalu
melanjutkan ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Surakarta.
Ketika pendudukan Jepang,
beliau masuk tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor. Setelah itu, beliau
menjadi komandan Batalyon di Kroya, Jawa Tengah.
38. Kesalahan penulisan tanda baca dalam teks tersebut
terdapat pada kalimat…
A. Soedirman
dilahirkan di Bodas Karangjati- Purbalingga-Jawa Tengah, 24 Januari 1916.
B. Ayahnya, Karsid
Kartowirodji, adalah pekerja pabrik gula dan ibunya, Siyem, adalah keturunan
Wedana Rembang.
C. Ketika pendudukan
Jepang, beliau masuk tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor.
D. Setelah itu, beliau
menjadi komandan Batalyon di Kroya, Jawa Tengah.
Contoh soal Indikator 37 : Menggunakan ejaan.
Cermati
teks berikut !
Secara pribadi, saya setuju PSSI dibekukan. Pembekuan itu bukan
berarti melarang orang untuk main bola ke lapangan atau juga ke tempat
futsal. Toh, sewa lapangan tetap mahal dan penuh. Baik lapangan besar atau
futsal. Pertandingan (.....) sepak bola tetap jalan. Bahkan sebelum dibekukan,
PSSI pusat hingga daerah jarang (....) sekolah sepak bola. Akan tetapi, Menpora
sebagai wakil pemerintah harus membuktikan keputusannya dengan kenyataan
dilapangan dan jangan lamban dalam membentuk kepengurusan PSSI yang (....)
39. Kata – kata yang tepat untuk melengkapi
teks tanggapan kritis tersebut adalah ....
A. antar sekolah, memperhatikan, kompeten
B. antarsekolah, memerhatikan, kompeten
C. antar sekolah, memerhatikan, kompeten
D. antarsekolah, memerhatikan, kompetensi
Contoh soal Indikator 38 : Menggunakan
tanda baca.
Cermati teks berikut!
Ayah bergegas berangkat kerja pagi itu. Ia tidak sempat menyantap
sarapannya. Setelah memakai seragam dan sepatu, ia menuju ruang kerja untuk
mengambil tas dinasnya. Namun, Ayah tidak melihat tasnya di ruang itu. Ayah
bertanya kepada Ibu, di mana tas kerjanya.
40. Penulisan kalimat
langsung yang benar untuk kalimat ke-5 kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.
“Di mana tas Ayah,
Bu?” Tanya Ayah.
B.
Ayah bertanya
kepada Ibu,” Di mana tas kerjanya?”
C.
Ayah bertanya
bahwa, “Di mana tas kerja Ayah, Bu?”
D.
“Di mana tas kerja
Ayah, Bu? tanya Ayah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar